HUT PGRI KE-78 & HGN CABANG KAUBUN "TRANSFORMASI GURU WUJUDKAN INDONESIA MAJU"

HUT PGRI KE-78 & HGN, Rabu (29/11/20203) bertempat di lapangan SMP Negeri 1 Kaubun dilaksanakan upacara perayaan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) cabang kaubun. Sekira jam 08.30 wita upacara dimulai. Hadir sebagai tamu undangan dalam kegiatan ini Kapolpos Kaubun, BabinKamtibmas, Babinsa, staff Korwil Pendidikan, Kades, UPT. Pertanian, UPT. Kesehatan, Pengawas Pendidikan, seluruh Kepala Sekolah, Tokoh Pendidik/Kependidikan, Alumni PGRI dan stakeholder. Perayaan kali ini berbeda dengan perayaan tahun sebelumnya, jika sebelumnya dilaksanakan tepat pada tanggal 25 November maka tahun ini dilaksanakan tiga hari setelah HUT yaitu pada tanggal 29 November hal ini terjadi karena padatnya kegiatan kepala sekolah dan dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur. 

Tenaga pendidik dan kependidikan disemua jenjang mulai dari Paut, TK, SD, SMP, dan SMA se-Kecamatan Kaubun ikut andil menjadi peserta upacara dan tidak ketinggalan juga siswa-siswi SMAN 1 Kaubun, SMPN 1 Kaubun, dan SDN 004 Kaubun. Tidak semua siswa dan siswi diturunkan dalam upacara ini karena lapangan atau tempat tidak mampu menampung segenap peserta. Hanya beberapa dari siswa-siswi SMAN, SMPN 1, dan SDN 004 yang terpilih menjadi peserta upacara. 

Pembina upacara dalam hal Ketua PGRI Cabang Kaubun menyampaikan amanat dengan membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim "Apresiasi kepada semua guru, tenaga pendidikan, pemerintah daerah, para pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa dengan penerapan Kurikulum Merdeka" Tegas pak menteri lewat Budi Handoko.  Lanjut beliau "Pada peringatan HUT PGRI Ke 78 dan Hari Guru Nasional tahun ini, mari kita gaungkan semangat kepedulian dengan balutan sikap optimis untuk kembali memulihkan negeri ini, mari kita bergerak bersama sama untuk memulihkan kembali pendidikan di bumi pertiwi ini".

Sebelum upacara dimulai para peserta dan tamu undangan disuguhkan tari kreasi persembahan dari siswi SMA Negeri 1 Kaubun yang dimainkan oleh Salbiatul Munauwah dan kawan-kawannya.  Siswi binaan Syarifah Raudah (Guru SMA) ini tampil memukau, menghipnotis semua mata yang menontonnya. 

Kemudian setelah rangkaian acara selesai dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dan bingkisan kepada alumni PGRI yang diwakili oleh Sujadi Mulyo dan Herman Senda. Penghargaan ini diserhakan oleh ketua PGRI cabang Kaubun dilanjutkan dengan 
Penyerahan Piala dari kegiatan Merdeka belajar CUP (sekadar informasi bahwa siswa SMP club sepak bola 
menjadi juara dua pada ajang Festival Sepak Bola Jenjang SMP yang bertajuk ‘Merdeka Belajar Cup’ garapan Disdikbud Kutim, setelah melalui laga final belum mampu mengkandaskan perlawanan sengit dari tim asal Busang B di babak tos-tosan (pinalti) dengan skor 4-5. Dan setelah di waktu normal, bermain imbang sama kuat 2-2 yang berlangsung di Stadion Utama Kudungga, Sangatta, Sabtu (25/11/2023) pagi). Setelah itu foto bersama. Upacara selesai sekira pukul 10:00 wita dan dilanjutkan dengan lomba-lomba atau hiburan bagi tenaga pendidik dan kependidikan.   

Adapun petugas upacaya pada perayaan ulang tahun PGRI dan HGN ke 78 kali ini yang bertindak sebagai pembina upacara adalah kepala SMPN 1 Kaubun yaitu Budi Handoko, SP. M.Pd., selaku ketua PGRI cabang Kaubun dan sekaligus 'tuan rumah', pemimpin upacara Subadri Payong, S.Pd., kemudian Protokol Anisa, S.Pd., pembaca sejarah singkat PGRI Zilvy Aulia, S.Pd., pembaca UUD 1945 Heru Prasetiyo, S.Pd., pembaca doa Ayatman, S.Pd., sedangkan dirjen Getrudis misa, S.Pd., dan Pengibar bendera Dian Saputri Maria Nona Wanti, S.Pd. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF

IKHTIAR MENINGKAT MUTU PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROV. KALTIM ADAKAN WORKSHOP KEPALA SEKOLAH DAN GURU JENJANG SMA SE-KABUPATEN KOTA

MERDEKA BELAJAR MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS ; KONFERENSI KERJA PGRI CABANG KAUBUN 2024/2026