LKBB MERIAHKAN HUT RI KE 72 “Ratusan Pelajar Padati Jalan Poros Kaubun”


KAUBUN__“Siaaaaap gerak. Langkah tegak majuuuu jalan. Buka… tutup barisaaan… jalan”.  Teriakan keras membumbung yang memekkan telinga dari salah satu komandan barisan gerak jalan salah satu sekolah dasar.
Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) ini dilaksanakan di jalan Poros Desa Bumi Etam (SP 1) Kecamatan Kaubun pada hari Kamis (10/8). Lebih kurang 1 km jalur tempuh yang harus dilewati oleh para peserta gerak jalan. Kegitan ini dilaksanakan lebih awal yakni H -7 sebelum puncak perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesi yang ke 72 nanti pada tanggal 17 Agustus 2017 di lapangan SP1.
          Kegiatan lomba dibuka secara resmi tepat jam 09:00 dini hari oleh kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kaubun yaitu Bapak Muhammad Noor, S.Pd. yang didampingi oleh seluruh pengawas dan kepala sekolah. Pak Nor (sapaannya) mengibarkan Sang Saka Merah Putih dititik star sebagai tanda memulainya perlombaan. Dititik star terlihat barisan para pelajar SMAN Kaubun kemudian dilanjutkan oleh barisan pelajar SDN dan SMP.
          LKBB diselenggarakan oleh UPT Pendidikan dengan membentuk panitia pelaksana dari kompulan pengawas, kepala sekolah dan guru. Adapun ketua panitia lomba adalah Bapak Syamsudin, S.Pd., M.Si. ketika kami ingin mengkomfirmasi kepada Ketum (Ketua Panitia) perihal lomba tersebut, ternyata Ketum tidak ada ditempat beliau berada di luar kota karena ada urusan yang mendesak. Kemudian kami himpun data dari sumber yang tidak disebutkan namanya. Dia menjelaskan “Bahwasanya kegiatan lomba diikuti oleh seluruh sekolah dasar dan sekolah menengah di Kecamatan Kaubun, yaitu 9 SDN dan 4 SMP dan hanya satu SMP yang berhalangan ikut yakni SMP 02. Sedangkan SMAN Kaubun tidak masuk sebagai peserta lomba tetapi hanya berpartisipasi. SMAN menurunkan dua regu barisan satu regu pembuka dan satu legi sebagai regu barisan penutup. Masing-masing SDN dan SMP menurunkan dua regu yang terdiri dari regu pa (putra) dan regu pi (putri)”.
          Jauh hari sebelum LKBB dimulai, masing-masing sekolah sudah mempersiapkan diri lebih awal dengan memilih siswa dan siswi terbaiknya untuk dilatih. “Latihan dilaksanakan rutin setiap hari yakni pagi dan sore, guru olah raganya yang melatih mereka. Latihan fisik dan mental menjadi prioritas kami sehingga mereka selalu fit saat lomba”. Ujar salah satu kepala sekolah.  
          Ratusan penonton dari berbagai kalangan bertengger di pinggir jalan menyaksikan gerak jalan tersebut. Sorakan, teriakan dan tepuk tangan yang meriah ditumpahkan oleh mereka sehingga tidak heran para peserta gairah semangatnya memuncak. Selalu berusaha tampil maksimal, menarik dan menyenangkan di depan dewan juri. Selama lebih kurang 10 menit setiap regu barisan menampilkan variasi barisannya di depan dewan juri. Menunjukan kebolehannya dalam hal baris berbaris sesuai indikator penialain.
          Adapun dewan juri dalam kegiatan lomba ini adalah guru-guru SDN dan SMP yang sudah terpilih oleh Panpel (Panitia Pelaksana) yang tidak diragukan kredibilatas dan akuntabilitasnya. Dijamin sportif, netral dan tidak nepotisme. Diantaranya adalah Ibu Silce Matindas, S.Pd., Ibu Bertin Syah Ani, S.Pd. Bersebelahan dengan dewan juri terlihat Pak Nor (kepala UPT) yang didampingi oleh Pak Pur (pengawas SMA) dan seluruh kepala sekolah  yang memantau langsung LKBB. Mulai dari awal sampai akhir kegiatan, beliau masih terlihat di bawah tenda biru panitia pelaksana yang berada di depan kantor camat kaubun.
          Dari pantauan kami selama kegiatan berlangsung, arus kendaran tetap ramai lancar, Gerak jalan tidak menyebabkan kemacetan parah. karena pihak keamanan dari Kapospol sektor Kaubun mengarahkan anggotanya untuk mengatur arus lalu lintas dengan membuka tutup arus jalan. (Subroto)
            
         
         
         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF

IKHTIAR MENINGKAT MUTU PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROV. KALTIM ADAKAN WORKSHOP KEPALA SEKOLAH DAN GURU JENJANG SMA SE-KABUPATEN KOTA

MERDEKA BELAJAR MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS ; KONFERENSI KERJA PGRI CABANG KAUBUN 2024/2026