7 PENGAWAS DAN 34 KEPSEK DIKUKUHKAN “Jabatan Fungsional SMA, SMK, Dan SLB Kutim Sumringah”


KAUBUN__ Semenjak diberlakukannya UU no. 23 tahun 2014 yang mengalihkan fungsi pemerintah daerah kabupaten ke pemerintah daerah propinsi dalam hal pengelolaan pendidikan menengah yakni SMA, SMK, dan SLB membuat carut-marut pendidikan menengah di Kabupaten Kutai Timur tak terelakan. Mulai dari jarak sekolah dengan propinsi yang cukup jauh, tambahan penghasilan (TPP) yang menurun, gaji guru honor daerah yang rendah sampai pada status kepegawain yang belum jelas keberadaannya. Diperparah lagi dengan adanya wacana bahwa SMA, SMK, dan SLB dikelola kembali oleh pemerintah daerah kabupaten semenjak dilimpahkan per 1 Januari 2017 lalu. 
 
         Sabtu (12/8) kemarin dini hari menjawab salah satu dari deretan masalah di atas. Bertempat di gedung Darma Wanita jalan pendidikan Bukit Pelangi. 7 pengawas dan 34 Kepala Sekolah dikukuhkan oleh Sekretaris Daerah Propinsi Kalimantan Timur yaitu Dr. Ir. H. Rusmadi Wongso, SP. mewakili Gubernur Kaltim. yang disaksikan oleh Wakil Bupati, Sekertaris Dewan, dan Sekertaris Daerah Kutai Timur. Disaksikan pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Timur yakni Dra. Hj. Dayang Budiarti, M.Pd. beliau datang bersama rombongan sekda.  Disamping itu, ratusan pasang mata dari guru-guru dan pelajar SMA, SMK, dan SLB se-Kabupaten Kutai Timur yang memadati ruang gedung ikut menatap tajam acara pengukuhan tersebut. 

Sebelum acara pengukuhan, giliran Kepala Dinas Pendidikan Propinsi menyampaikan laporan “Guru SMA, SMK, dan SLB negeri dan swasta di Kabupaten Kutai Timur berjumlah 1.089 orang”. Tegas Ibu Dayang. Mengahiri laporannya beliau meminta kepada sekda untuk memberikan pengarahan dan mengukuhkan jabatan fungsional pengawas, kepala SMA, SMK, dan SLB. 

Sekira jam 11.00 pengukuhan dimulai. Bapak  Rusmadi (sapaannya) membacakan teks pengukuhan tanpa diikuti oleh peserta. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan berita acara dan pemberian ucapan selamat kepada peserta yang dikukuhkan. 

Setelah acara pengukuhan selesai, terlihat bapak Wakil Bupati Kutai Timur di atas mimbar menyampaikan sambutan. “Kami pemerintah daerah Kutai Timur siap memberikan batuan baik pembangunan gedung sekolah maupun kesejahteraan guru semenjak tidak bertentangan dengan aturan yang ada. SMA, SMK, dan SLB adalah masih bagian dari kami meskipun pengelolaannya sudah berada di dinas Propinsi”. Jelas Bapak Kasmidi. 

Diakhir kegiatan, bapak Sekda Propinsi Kalimantan Timur menyampaikan sambutan. Lebih kurang tiga puluh menit beliau bertutur di depan audiens. Adapun inti dari dari tuturannya adalah akan pentingnya pembangunan, pendidikan, kesejahteraan di Kalimantan Timur yang bertumpu pada tangan tenaga pendidik dan kependidikan. “Guru harus mampu menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan kopetitif. Tidak hanya itu, yang terpenting lagi adalah generasi yang berkarakter budaya bangsa”. Jelas Rusmadi.  Sekda melanjutkan “Bahwa kesejahteraan ekonomi di Kaltim harus ditingkatkan. kesempatan kerja harus diperbanyak. Kita tidak boleh puas dengan apa yang ada tetapi bagaimana yang ada kita kelola lebih lanjut. Misalnya CPO dari kelapa sawit, tidak lagi kita eksport tetapi kita harus bisa kelola sendiri menjadi bahan siap pakai”. 

Kegiatan diakhiri dengan hiburan. Pak sekda menyumbangkan dua lagu, beliau tampil bak artis papan atas. Suaranya yang merdu dan cengkokannya yang lincah membuat semua yang hadir terkesimah serta bertepuk tangan meriah. 

Detik-detik penutupan terlihat raut wajah pengawas dan kepala sekolah yang sumeringah. Senyum ringan dan wajah ceriah terpampang di garis muka mereka. Setiap orang memberikan ucapan selamat. Masing-masing mereka memegang SK sebagai tanda kejelasan status jabatan fungsional Kabupaten Kutai Timur pada Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Timur. 

Pukul 12.30 kegiatan selesai. Semua peserta dan undangan membubarkan diri dengan tertib. (Subroto)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF

IKHTIAR MENINGKAT MUTU PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROV. KALTIM ADAKAN WORKSHOP KEPALA SEKOLAH DAN GURU JENJANG SMA SE-KABUPATEN KOTA

MERDEKA BELAJAR MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS ; KONFERENSI KERJA PGRI CABANG KAUBUN 2024/2026