MENCARI SOSOK PEMIMPIN IDEAL (Saatnya Warga SMANKA Memilih Ketua Osis)

  KAUBUN- Sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan kepemimpinan ketua OSIS periode 2015-2016 yang dipimpin oleh  Muhammad Hasbi Moa. Jumat (2/12/2016) Calon Ketua OSIS periode 2017-2018 SMA Negeri 1 Kaubun Menyampaikan visi dan misinya di depan seluruh siswa/siswi, dewan guru dan staf serta kepala sekolah. Penyampai visi dan misi tersebut dilaksanakan di tempat terbuka yaitu lapangan upacara sekolah. Dengan demikian, Lapangan upacara sekolah dibanjiri oleh siswa /siswi begitu juga dengan di pelataran/teras kelas sedangkan di pelataran kantor ditempati oleh bapak ibu dewan guru untuk menyaksikan penyampain visi dan misi tersebut. Teriakan dan sorakan memekkan telingga dari para pendukung masing-masing calon. Satu persatu calon menyampaikan visi dan misinya, setelah menyampaikan visi dan misi, diberikan empat pertanyaan, tiga pertanyaan dari audiens dan satu pertanyaan dari Dewan Guru. 

Inti visi dan misi para calon adalah menjadikan SMA Negeri 1 Kaubun menjadi sekolah yang berimtaq, maju, cerdas dan mandiri. Meningkatkan karakter sekolah yaitu religius, disiplin dan cinta lingkungan melalui program nyata “bukan janji tapi bukti”. 

Penyampaian visi dan misi berjala  cukup alot ka karena diwarnai sesi tanya jawab. Masing-masing pendukung para calon memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menohok kepada lawan calon dukungannya. Meskipun begitu, tetap masih dapat dijawab dengan baik oleh para calon lawan. Pertanyaan yang muncul beragam misalnya; masalah kedisiplinan, sampah, karkter siswa, toleransi, prestasi, dll. Jawaban-jawaban yang diberikan oleh para calon cukup memuaskan audiensi dan dewan guru. 

Setelah kami melakukan konfirmasi dengan ketua panitia pelaksana terkait dengan calon ketua OSIS yang diusung. “Para calon merupakan perwakilan dari setiap kelas. Yaitu perwakilan kelas X dan XI sedang kelas XII tidak mendapatkan hak dipilih tetapi memiliki hak pilih. Untuk diketahu SMA Negeri 1 Kaubun terdiri dari empat kelas X dan tiga Kelas XI, yaitu X IPA1 diwakili oleh Anis Mujiarti, kelas IPA2 diwakili oleh Riki Darmawan, kelas XIPS1 diwakili oleh Cecep Supriatna. Kemudian kelas XIIPA1 diwakili oleh Jefrianus Yosep Budu, kelas XIIPA2 diwakili oleh Nur Halifah dan Kelas XIIPS diwakili oleh Laili Qomariah”. Terangnya.

Menariknya pada pemilihan ketua OSIS tahun ini adalah adanya calon dari kaum perempuan tiga orang yaitu Anis Mujiarti, Laili Qomariah dan Nur Halifah. Hal ini menandakan adanya kesadaran gender, laki-laki dan perempuan pada dasarnya memiliki kemampuan yang sama yang membedakan adalah jenis kelamin. Kemudian adanya kesadaran kaum perempuan untuk bangkit menjadi pemimpin serta adanya kelegowoan dari kaum laki-laki untuk memberikan kesempatan kepada perempuan agar bisa berkarya.  Disamping itu pula, ini merupakan sejarah baru bagi SMA Negeri 1 Kaubun mencalonkan kaum perempuan dalam pemilihan OSIS. Di tahun-tahun sebelumnya tidak pernah terjadi.

Sesuai dengan yang dijelaskan oleh ketua panitia bahwa Para calon sudah melakukan kampanye satu minggu yang lalu, berdasarkan pantauan kami tidak ada satu calon pun yang melakukan politik uang, mereka benar-benar “menjual” visi dan misinya agar mendapatkan dukungan yang lebih banyak sehingga memenangkan pemilihan tersebut. Sekadar dipahami bahwa kepanitian dilakukan oleh anggota OSIS yang lama dibawah koordinasi Bapak Pujo Subuh Handoko, S.Pd. beliau selaku Koor. Keiswaan dan Pembina OSIS. 

Sabtu (3/12/2016) besok dilaksanakan pemilihan ketua OSIS setiap siswa/siswi SMA Negeri 1 Kaubun memberikan hak pilihnya sesuai dengan sosok ideal atau calon idola mereka tanpa ada pengaruh dari siapa pun. Pemilihan harus dilakukan dengan jujur, adil, terbuka, bebas dan rahasia. Semua siswa/siswi merupakan pemilih tetap, suaranya sangat menentukan nasib sekolah satu tahun kedepan. Besok adalah penentu SMA Negeri 1 Kaubun akan di bawa kemana? Yang terpenting lagi adalah siapaun yang dipilih atau yang menang dalam pemilihan besok harus bisa diterima oleh semua pihak khusnya calon-calon lainya yang belum berkesempatan, semua program dan visi misi calon yang terpilih harus disukung bersama demi SMA Negeri 1 Kaubun yang tercinta. 

Semoga pemungutan suara besok berjalan lancar jauh dari hambatan dan rintangan. Amin…!
(Penulis : Subroto)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF

IKHTIAR MENINGKAT MUTU PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROV. KALTIM ADAKAN WORKSHOP KEPALA SEKOLAH DAN GURU JENJANG SMA SE-KABUPATEN KOTA

MERDEKA BELAJAR MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS ; KONFERENSI KERJA PGRI CABANG KAUBUN 2024/2026