INI HASIL PEMILIHAN KETUA OSIS SMANKA PERIODE 2017-2018



           KAUBUN- Sabtu (3/12/2016) usai melaksanakan apel dan doa bersama warga SMA Negeri 1 Kaubun memeriahkan pesta demokrasi tahunan yaitu pemilihan ketua OSIS baru masa jabatan 2017-2018. Pemilihan dilaksanakan di lapangan sekolah yang diikuti oleh 274 orang peserta pemilih dari 288 orang yang tercatat sebagai pemilih tetap (DPT). Artinya 14 orang peserta pemilih berhalangan hadir memberikan hak suaranya karena izin dan sakit. Jumlah peserta tersebut merupakan jumlah keseluruhan siswa/siswi SMA Negeri 1 Kaubun tahun ajaran 2016-2017. Prosesi pemungutan suara berlangsung selama satu jam dimulai dari jam 07:30 s/d 08:30 kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara selama setengah jam, tepatnya jam 09:00 ketua OSIS terpilih diumumkan oleh ketua pelaksana.

Berdasarkan hasil penghitungan, Tri Nugroho, mulai dari awal sampai akhir penghitungan mengungguli keenam calon lainnya. Adapun suara yang diperoleh setiap calon dari yang terbanyak ke yang tersedikit adalah sebagai berikut; Tri Nugroho utusan dari kelas X IPS2 memperoleh 102 suara, Jeprianus Yosep Budu utusan dari kelas XI IPA1 memperoleh 84 suara, Nurhalifah utusan dari kelas XI IPA2 memperoleh 24 suara, Riki Darmawan utusan dari kelas X IPA2 memperoleh 21 suara, Laili Komariah utusan dari kelas XI IPS memperoleh 20 suara, Anis Mujiarti utusan dari kelas X IPA1 memperoleh 17 suara dan Cecep Supriatna utusan dari kelas X IPS1 memperoleh 6 suara.  
Berdasarkan hasil penghitungan di atas, jadi Tri Nugroho lah yang terpilih menjadi ketua OSIS untuk masa jabatan 2017-2018 sedangkan Jefrianus Yosep Budu yang memperoleh suara terbanyak kedua menempati posisi wakil ketua, selanjutnya   calon-calon lain yang memiliki suara terbanyak ketiga, keempat, kelima dan keenam akan dirangkul menjadi pengurus OSIS dengan menempati posisi koordinator seksi-seksi dalam struktur organisasi sesuai dengan yang diamanatkan oleh anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi.

Pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan dengan azas terbuka, jujur, adil, bebas dan rahasia. Semua suara yang dicontreng oleh peserta sah, tidak ada suara batal atau abstain. Menariknya juga adalah tidak ada satu pun dari para calon atau pendukung calon yang menyampaikan protes (keberatan), hasil penghitungan diterima dengan legowo. Kondisi ini menandakan adanya kesadaran dan kedewasaan warga SMANKA dalam berdemokrasi.

Setelah melakukan konfirmasi dengan kepala sekolah pengurus OSIS yang baru masa jabatan 2017-2018 akan dilantik bulan januari 2017 setelah libur semester. Kalau dilantik bulan desember ini tidak mungkin karena warga sekolah disibukkan dengan ujian akhir semester ganjil dan kegiatan class meeting. Sedangkan yang memandu kegiatan tersebut masih diberikan kesempatan kepada pengurus OSIS lama.

Untuk sekadar diketahu, bahwa panitia pemilihan merupakan pengurus OSIS lama yang diketuai oleh Muhammad Hasbi Moa selaku ketua OSIS masa jabatan 2016-2017. Dalam menjalankan tugasnya, panitia dibawah koordinasi Bapak Pujo Subuh Handoko, S.Pd., beliau juga selaku koordinator kesiswaan dan pembina OSIS.

Semoga ketua OSIS yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik, amanah dan bertanggungjawab. Kemudian mengantarkan SMANKA menjadi sekolah yang berkarakter, cerdas, maju, dan mandiri sesui dengan cita-cita luhurnya saat ini.

Amin… semoga
(Penulis : Subroto).

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF

IKHTIAR MENINGKAT MUTU PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROV. KALTIM ADAKAN WORKSHOP KEPALA SEKOLAH DAN GURU JENJANG SMA SE-KABUPATEN KOTA

MERDEKA BELAJAR MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS ; KONFERENSI KERJA PGRI CABANG KAUBUN 2024/2026