RENDAHNYA KESEJAHTERAAN GURU

Rendahnya kesejahteraan guru mempunyai peran dalam membuat rendahnya kualitas pendidikan indonesia.  
 
Berdasarkan survei fgii (federasi guru independen indonesia) pada pertengahan tahun 20!" idealnya seorang guru menerima gaji bulanan serbesar rp # jutarupiah. $ekarang" pendapatan rata%rata guru pns per bulan sebesar rp "! juta. Guru bantu rp"&'0 ribu" dan guru honorer di sekolah sasta rata%rata rp 0 ribu per jam. engan pendapatanseperti itu" terang saja" banyak guru terpaksa melakukan pekerjaan sampingan. *da yangmengajar lagi di sekolah lain" memberi les pada sore hari" menjadi tukang ojek" pedagang mierebus" pedagang buku+lks" pedagang pulsa ponsel" dan sebagainya (republika" 2#september"20!).
 
dengan adanya uu guru dan dosen" barangkali kesejahteraan guru dan dosen (pns) agak lumayan. ,asal 0 uu itu sudah memberikan jaminan kelayakan hidup. i dalam pasal itudisebutkan guru dan dosen akan mendapat penghasilan yang pantas dan memadai" antara lainmeliputi gaji pokok" tunjangan yang melekat pada gaji" tunjangan profesi" dan+atau tunjangankhusus serta penghasilan lain yang berkaitan dengan tugasnya.
 
Mereka yang diangkat pemkot+pemkab bagi daerah khusus juga berhak atas rumah dinas.api" kesenjangan kesejahteraan guru sasta dan negeri menjadi masalah lain yang mun/ul.i lingkungan pendidikan sasta" masalah kesejahteraan masih sulit men/apai taraf ideal.iberitakan pikiran rakyat 2 agustus 20!" sebanyak 0 persen dari &0# pts di jaa baratdan banten tidak sanggup untuk menyesuaikan kesejahteraan dosen sesuai dengan amanat uuguru dan dosen (pikiran rakyat 2 agustus 20!).1,ermasalahan kesejahteraan guru biasanya akan berimplikasi pada kinerja yang dilakukannyadalam melaksanakan proses pendidikan. 
 
Berdasarkan hasil survei dari human developmentinde (hdi) menunjukkan baha sebanyak '03 guru sd" &03 guru sltp" &#3 guru smu" dan#&3 guru smk belum memenuhi standardisasi mutu pendidikan nasional. 4ebih berbahayalagi jika dilihat dari hasil temuan yang menunjukkan "23 guru di indonesia mengajar  bukan pada bidang keahlian mereka. (toharuddin" oktober 20!).Guru sebagai tenaga kependidikan juga memiliki peran yang sentral dalam penyelenggaraansuatu sistem pendidikan. $ebagai sebuah pekerjaan" tentu dengan menjadi seorang guru jugadiharapkan dapat memperoleh kompensasi yang layak untuk kebutuhan hidup. alam teorimotivasi" pemberian reard dan punishment yang sesuai merupakan perkara yang dapatmempengaruhi kinerja dan mutu dalam bekerja" termasuk juga perlunya jaminankesejahteraan bagi para pendidik agar dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikanyang selama ini masih terpuruk. 
 
Dalam hal tunjangan" sudah selayaknya guru mendapatkantunjangan yang manusiai untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya mengingat peranan dari seorang guru yang begitu besar dalam upaya men/erdaskan suatu generasi.
 
sumber: https://www.scribd.com/doc/309863832/Artikel-Ilmiah-Rendahnya-Kesejahteraan-Guru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF

IKHTIAR MENINGKAT MUTU PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROV. KALTIM ADAKAN WORKSHOP KEPALA SEKOLAH DAN GURU JENJANG SMA SE-KABUPATEN KOTA

MERDEKA BELAJAR MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS ; KONFERENSI KERJA PGRI CABANG KAUBUN 2024/2026