PERTANYAAN WAWANCARA GURU PENGGERAK



1. Apa motivasi Anda mengikuti pendidikan guru penggerak?

Contoh Jawaban:

Saya ingin menambah wawasan tentang hal baru agar bisa saya manfaatkan di dalam pembelajaran di kelas. Saya pikir, makna penggerak adalah guru yang selalu aktif belajar dan mencari tahu tentang hal baru di dunia pendidikan dan bisa menerapkannya di dalam pembelajaran.

 

2. Apa pendapat Anda tentang Guru Penggerak?

Contoh Jawaban:

Saya pikir, penggerak adalah guru yang selalu aktif belajar dan mencari tahu tentang hal baru di dunia pendidikan dan bisa menerapkannya di dalam pembelajaran.

Salah satu nilai dari guru penggerak adalah mandiri. Saya merasa bahwa saya sudah menjadi guru mandiri, mengikuti beragam pelatihan atas inisitaif sendiri bukan hanya tuntutan dari pihak dinas atau sekolah.

 

3. Apa yang mendorong Anda sehingga ikut serta dalam program Guru Penggerak.

Contoh Jawaban:

Saya mau mengembangkan diri seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi supaya selalu mampu berkolaborasi dan sebagai pengiring generasi dan menyukseskan program merdeka belajar.

 

4. Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya

Contoh Jawaban:

Kelebihan saya untuk mendukung peran saya sebagai guru penggerak adalah saya senang belajar dan saya mampu memberikan perubahan dinamika belajar pada siswa dengan membuat metode pembelajaran yang sifatnya menyenangkan dan berpusat kepada siswa dalam era sekarang.

Alasannya saya yakin menjadi guru penggerak adalah saya bisa menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan serta akan mencoba menelusuri lebih lanjut tentang filosofi Ki Hajar Dewantara selaku bapak pendidikan diIndonesia yang kaitannya tentang teori belajar yang menjadi acuan dalam merubah kehidupan belajar pada era sekarang ini dengan menerapkan pendidikan yang berpedoman dengan 3 semboyan.

1. Ing ngarso sung tulodo didepan memberikan contoh yang baik.
2. Ing madya mangu karsa yang artinya berada ditengah bisa membangun motivasi dan kekuatan.
3. Tut wuri handayani yang artinya apabila berada di dibelakang memberikan dorongan yang baik

Sebagai contohnya dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari,sebagai seorang guru kita tetap harus berpedoman pada 3 semboyan Ki hajar dewantara. yang dimana semboyan yang pertama kita harus memberikan contoh yang baik kepada siswa mulai dari cara perpakaian, penampilan serta tutur kata yang sopan dan cara kita bersosialisasi kepada peserta didik.

Karena guru merupakan seorang figur yang sering dilihat sama siswa. dengan kita memberikan contoh yang baik kepada mereka kita berharap mereka bisa meniru segala kebaikan yang mereka lihat dari guru.

Guru juga merupakan transfer knowledge kepada siswa sehingga sebisa mungkin kita berada ditengah untuk memberikan ilmu dan membangun semangat belajar siswa.

 

5. Apa kesulitan terbesar yang pernah Anda alami mengajar.

Contoh Jawaban:

Kesulitan tetap ada, adapun esulitan terbesar yang pernah saya alami saat mengajar ialah tidak adanya media atau alat yang bisa saya pakai untuk mengajar.

 

6. Bagaimana langkah-langkah Anda dalam mengatasinya, siapa saja orang yang Anda libatkan dalam mengatasi masalah tersebut dan bagaimana hasilnya.

Contoh Jawaban:

Dengan keterbatasan itu saya berusaha untuk membuat media sendiri secara sederhana sesuai dengan kebutuhan dengan tujuan memberi pemahaman kepada peserta didik dengan media lain.

Adapun media pembelajaran yang saya buat adalah blog/wordpress/website sebagai media belajar digital untuk memudahkan siswa belajar secara daring.

Saya mengajar diskusi peserta didik atau rekan guru lain.

 

7. Jika Anda lolos seleksi sebagai Guru Penggerak, hal apa yang akan Anda lakukan terhadap siswa maupun sekolah tempat Anda bertugas.

Contoh Jawaban:

Saya ingin tetap selalu menjadi katalis perubahan pendidikan dengan terus menggali potensi diri sebagai pengiring generasi supaya menjadi bagian perubahan pendidikan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi.

 

8. Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut?

Contoh Jawaban:

Dalam hal ini saya mempunyai inovasi yaitu pengoptimalisasi peralatan olahraga di sekolah, adapun yang mendorong saya melakukan inovasi ini karena bebasnya siswa mengambil peralatan olahraga, terkadang alat olahraga hilang dan tidak pada tempatnya manalagi peralatan olahraga cepat rusak, kejadiannya 2 bulan yang lalu dimana saya dalam off campus untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dasar asn, disini saya memulai dengan mengambil rak yang tidak terpakai namun masih layak, ruangan yang luas dan kosong akhirnya saya manfaat sebagai gudang peralatan olahraga, mengatur rak agar rapi, mengecat dinding dan rak, mensortir peralatan olahraga yang rusak, mengkategorikan peralatan olahraga sesuai bentuk dan jenisnya, membuatkan buku pinjaman peralatan olahraga, membuat alur peminjaman peralatan olahraga, membuatkan kartu kontrol untuk peminjaman peralatan olahraga,upaya saya agar inisiatif sya terlaksana dengan mengkoordinasikan kepada kepala sekolah dan meminta bantuan kepada teman sejawat, serta mengatur waktu.

Peran saya sebagai ketua sekaligus penanggung jawab gudang peralatan olahraga dapun pihak lain teman sejawat membantu dalam mengangkatan barang, pemilahan peralatan yang masih bisa digunakan, mengecatan, dampak yang di hasilkan merupakan tertatanya peralatan olahraga dan teraturnya peminjaman oleh siswa dan mampu memanfaatkan alat olahraga di sekolah sehingga alat olahraga diskolah jika rusak namun terpakai daripada rusak tidak terpakai dan hilang.

Yang mendorong saya lakukan ini selain saya punya tugas aktualisasi juga sebagai bentuk perubahan disekolah khususnya di pemanfaatan peralatan olahraga yang masih kurang dilakukan, dampak yang diperoleh dalam melakukan inisiatif ini siswa dengan mudah meminjam alat olahraga dan adanya kepercayaan kepala sekolah dalam hal pengaturan alat olahraga.adapun yang saya lakukan agar kegiatan ini terlaksana dengan adanya koordinasi kepala sekolah atas manfaat dalam mengoptimalkan peralatan olahraga disekolah, dan adapun pihak lain yang membantu baik dukungan moral

 

9. Apa potensi atau kelebihan yang Anda miliki.

Contoh Jawaban:

Secara bakat, saya tidak memiliki kelebihan menonjol namun saya memiliki kemampuan dan kemauan yang kuat sebagai guru pembelajar yang berkelanjutan.

Dengan kemauan yang keras itulah saya pribadi akan terus berliterasi, terus menggali informasi supaya bisa saya bagikan melalui blog yang saya kelola.

Secara pribadi, saya ingin selalu beristiqomah saat belajar sehingga bisa menjadi bagian perubahan pendidikan seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi. Saya ingin selalu meningkatkan kualitas diri dan terus menginformasikan program-program kemendikbudristek lewat blog yang saya kelola.

 

10. Apa yang sudah Anda lakukan untuk menciptakan perubahan.

Contoh Jawaban:

Secara khusus untuk peserta didik yakni melakukan perubahan di dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid meskipun dengan minimnya sarana prasarana menggunakan teknologi yang ada.

 

11. Bagaimana menjalin hubungan dengan teman dan atasan.

Contoh Jawaban:

Saya menyadari bahwa aspek sosial sangatlah penting adapun cara menjalin hubungan adalah dengan saling bertukar informasi, pendapat, inovasi, kreasi yang bersifat membangun demi kemajuan pendidikan.

 

12. Bagaimana cara Anda dalam mengambil keputusan?

Contoh Jawaban

Sebelum mengambil keputusan saya selalu membayangkan terlebih dahulu akibat apa yang timbul karena keputusan yang saya ambil.

 

13. Bagaimana cara Anda mengembangkan diri?

Contoh Jawaban:

Sebagai seorang guru, pengembangan diri adalah hal yang sangat penting bagi saya.

Saya terus-menerus mencari kesempatan untuk meningkatkan kualifikasi dan keterampilan saya.

Ini termasuk mengikuti pelatihan dan workshop terkait pendidikan, terbaru dalam metode pengajaran, dan teknologi pendidikan.

Saya juga aktif membaca literatur terkini dalam bidang pendidikan dan mengikuti perkembangan terbaru dalam kurikulum sekolah.

Selain itu, saya memanfaatkan umpan balik dari rekan guru dan evaluasi diri untuk terus melakukan perbaikan dalam pengajaran saya.

Selain aspek akademis, saya juga mencari inspirasi dari pengalaman siswa dan mengembangkan keterampilan empati serta kemampuan komunikasi untuk lebih baik dalam membantu siswa.

Semua upaya ini bertujuan untuk menjadi guru yang lebih efektif dan berdaya guna dalam mendukung perkembangan siswa dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih tinggi.

 

14. Apakah Anda pernah mencari pengetahuan secara mandiri?

Contoh Jawaban:

Tentu saja, sebagai seorang guru, pencarian pengetahuan secara mandiri adalah suatu keharusan.

Saya meyakini bahwa pendidikan tidak berakhir ketika kita selesai dengan pendidikan formal.

Oleh karena itu, saya secara rutin mencari pengetahuan secara mandiri.

Saya membaca buku, artikel, dan jurnal terbaru tentang pendidikan, menghadiri seminar, webinar, dan pelatihan, serta bergabung dalam komunitas pendidik yang memungkinkan saya untuk berbagi pengalaman dan belajar dari rekan-rekan sejawat.

Selain itu, saya selalu mencari informasi dan inovasi terkini dalam dunia teknologi pendidikan untuk memperkaya metode pengajaran saya.

Pencarian pengetahuan mandiri ini tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran saya, tetapi juga membantu saya untuk terus beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan yang terus berubah.



SUMBER: 

https://sumsel.tribunnews.com/2023/11/06/14-contoh-pertanyaan-wawancara-guru-penggerak-angkatan-10-lengkap-dengan-kunci-jawabannya-terbaru?page=4


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENEMUKAN IDE POKOK DAN PERMASALAHAN DALAM ARTIKEL MELALUI KEGIATAN MEMBACA INTENSIF

IKHTIAR MENINGKAT MUTU PENDIDIKAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROV. KALTIM ADAKAN WORKSHOP KEPALA SEKOLAH DAN GURU JENJANG SMA SE-KABUPATEN KOTA

MERDEKA BELAJAR MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS ; KONFERENSI KERJA PGRI CABANG KAUBUN 2024/2026